Thursday, June 16, 2011

SERVICE NOTEBOOK


Solusi Ekstrim Memperbaiki GPU(VGA) Benq S41












Bagi para pengguna Benq S41 pasti merasakan rusaknya GPU NVidia 8600GS karena overheat dan jika masih ada garansi selama 2 tahun tinggal bayar 25rb untuk administrasi dapat mengganti dengan versi revisinya, sedangkan jika sudah tidak ada garansi pasti akan sangat berat sekali memperbaikinya karena GPU yang sangat mahal sekitar $ 300 atau 2.7jt rupiah karena mesti menggati 1 blok motherboard. Tapi berikut ini ada solusi yang ekstrim untuk memperbaiki GPU anda jika rusak, artikel ini di tulis oleh pengguna benq yang bernama akauts.

Bukan Alkisah (Ini Benar Benar Asli Pengalaman Pribadi Penulis)
Solusi Ekstrim Panggang di Oven - Bake abnormal Laptop GPU in Oven
Niat ingin maen game di komputer jinjing, biar bisa main dimana saja, kapan saja...
May 2007, dari sekian banyak hunting di internet, notebookcheck, notebookreview, dll... akhirnya kepincut spec BenQ S41, yang ngantongin GeForce 8600M GS. Check Rating Performance 8600M GS juga cukup tinggi (saat itu).
Titip someone (rekan kerja) yang kebetulan sedang status vacation, tau tau nya ybs tanpa ada kontak / janjian, ternyata beli S41 juga, dejavu kata orang, aneh tapi nyata.
Waktu berjalan, hampir tiap ada kesempatan nge game 3d, mantap... walaupun akhir tahun 2009an game sudah minta spec tinggi untuk GPU (Graphical Processing Unit atau VGA lah bahasa awam nya).
Pagi hari di contact rekan kerja yang juga gemar pakai S41 buat nge game, ceritanya ketika maen CM, spinning Fan laptop nya sangat kencang dan tiba tiba S41 nya mati. Ketika di tekan tombol power tidak mau hidup lagi.
Langsung bongkar, coba ganti ganti component, karena kebetulan spec sama, masih tidak mau dan terakhir kita assume, pastinya salah satu chip yang sudah dipasang mati (mounted) jebol (kalau bukan north / south chipset, CPU atau GPU nya - udah nebak),  ... akhirnya contact sana contact sini, benq menyarankan bawa ke Jakarta, service center. Ceritanya itu rekan kerja jadinya bawa ke service center BenQ dan lumayan, ganti Motherboard... kena 2.5 Jutaan, namun S41 nya sudah bisa dipakai normal lagi.
Awal tahun 2010, giliran BenQ S41 saya yang kena! namun symptom nya agak beda, yang saya punya masih bisa nyala, namun muncul wrecked lines, garis garis di layar, model pelangi campur bintik bintik dan kemudian BSOD, dan mati... begitu terus kalau power on.
wadduh.... udah kebayang kocek besar keluar, namun apa daya, rusak nya 1 hari mau flight balik ke site, karenapun S41 sayang ditinggal (di Bandung), jadinya bawa aja... (dalam pikiran) siapa tahu ada aja dan bisa normal lagi.
Sehari penuh tanya ke Mbah Google belum nemu apa apa, baik dari sumber local maupun interlokal (read: overseas, hehe). Akhirnya (masih semangat 45) coba segala cara, mulai dari install reinstall beragam versi driver buat 8600M GS, install OS baru (XP, Vista), sampai nyobain Live beberapa variant Linux untuk mastiin apakah GPU nya masih ke detect normal di OS lain. Namun masih bersyukur, karena di beberapa variant Linux masih ter detect 8600M GS nya
Akhirnya nyobain Safe Mode, saya bilang istilahnya Setengah Menyerah... karena masih mengharapkan S41 masih bisa digunakan untuk kerja dulu, sambil back up data. Nah, ini Tips... buat yang GPU nya rusak ketika di load dengan driver normal, caranya (WinXP): 1. Masuk ke Safe Mode
2. Proses Booting, Login dan Buka Device Manager (click kanan di My Computer ambil Properties dan click Tab Hardware, Device Manager)
3. di daftar device, bawa cursor ke Display Adapters dan click kanan, pilih Disable.
4. Selesai, boot....
artinya sekarang pakai mode dalam Standard VGA saja, yang penting bisa dipakai harian untuk internetan, kerja, ataupun backup data sambil nyari solusi.
beberapa hari kemudian coba iseng cari di notebookreview.com, nemu orang yang punya pengalaman sama... dan ternyata baru dapat info baru kalau memang ada defect untuk seri 8600M GS, dan admitted by NVIDIA... dalam hati, wadduh...!!! harus cari gaming laptop baru, kocek keluar lagi...
curhat curhat nya disini http://forum.notebookreview.com/search.php?searchid=4424382 dan http://forum.notebookreview.com/showthread.php?t=448483
seminggu, dua minggu, dan minggu ketiga, nggak sengaja pas utak atik Om Bing (bing.com, microsoft search engine, nemu dari keyword Hot to repair gaming laptop GPU.... http://www.bing.com/search?q=how+to+repair+gaming+laptop+gpu+crash&go=&form=QBRE3 kemudian terbuka beberapa referensi link perihal orang orang diluar sana yang nyobain pakai cara ekstrim, bake GPU in Oven! Panggang di Oven. cetak ke PDF, dan ngapalin langkah langkahnya, sekalian buat benar benar mencari kayakinan bahwa fakta nya memang bisa normal kembali GPU Laptopnya setelah dipanggang di Oven. Dan memang ada dualisme dalam hal ini, karena sebagian diluar sana (yang belum nyoba, karena memang laptop nya nggak rusak kali ya), mengatakan bahwa itu Myth (mitos) saja. Namun beberapa yang posting mengatakan, Viollaa.... berhasil
Kemudian nanya mbah google, cari keyword BenQ S41 forum, pilih Web Indonesia kemudian ditunjukkin ke kaskus.us, link nya http://www.kaskus.us/showthread.php?p=160535134&posted=1#post160535134 dan ternyata banyak bertemu teman sesama pengguna S41 disana (selain sekarang sudah keluar model S42 dengan framework constructive yang masih sama)
27 January 2010 Pagi, ngantor dulu... sambil terus mikirin terus apa nggak (buat nyoba manggang). Pas jam pulang kantor, ambil keputusan Ayooo Cobaaa.... karena nanyapun di kaskus dan ke mbah google sepertinya belum ada rekan rekan di indonesia yang nyobain cara ini. OK lah, sippp sekalian jadi kelinci percobaan pertama, namun kalau berhasil syukur alhamdulillah, yang penting nggak keluar kocek ganti motherboard, lagian service center nya Jauhhh di seberang sana. (Ada yang tanya, kenapa baru nyoba 27 Jan? Ya karena rusaknya baru terjadi 2 minggu sebelumnya, dan memang cara Panggang di Oven diluar sana sudah dipake sejak bulan Juni 2009)

Ingat!
  1. Resiko kerusakan dan tidak berfungsi total unit anda adalah tanggung jawab sendiri...!
  2. Ketika anda melakukan hal seperti ini harap pikir 2 kali jika masa garansi masih berlaku.
Pesiapan:
  1. Obeng Bunga, Obeng Minus dan Kuas Halus
  2. Aluminium Foil (Roll)
  3. Oven (Oven Kompor Api dan Gas juga Bisa, yang penting jaga temperature nya)
  4. akan sangat baik, jika bisa cari Temperature Gun, jangan termometer, karena temperature maksimumnya terbatas 100 derjat celcius lebih dikit saja.
  5. Berdoa Jangan Lupa... 
Tahapan Memanggang board di Oven
  1. Sekali pegang Obeng, Jangan Mundur lagi!
  2. Cabut Battery, Jangan lupa cabut Plug Adaptor
  3. Buka screw bagian penutup RAM, Buka RAM. Hati hati, jangan pegang pins, bahawa electrostatic...! RAM short. sekalian buka Card Wireless, buka dulu pin kabel antenne nya, pelan pelan.
  4. Buka scren bagian penutup HDD, Buka HDD. Hati hati, jangan paksa, karena ada 2 bagian yang harus dibuka bergantian.
  5. Buka semua screw S41, mulai dari bagian bawah, bagian belakang.
  6. Buka Lid Laptop (seperti mau memakai laptop), dan mulai tarik penutup bagian atas keyboard S41 ke arah tangan kanan anda. Ini yang agak susah.... namun harap pelan pelan, bersabar, dari pada pinheads nya patah, kasian.
  7. Nah, Keyboard sudah bisa dibuka, namun hati hati, dibawahnya ada kabel pita. buka dulu pengunci kabel pitanya, kemudian baru tarik pelan pelan.
  8. Dibawah keyboard akan ada 3 screw, cabut pelan pelan.
  9. Lepas kabel data ke LCD, persis di hinges kiri (engsel kiri), tarik keatas pelan pelan.
  10. OK, siap.... tarik permukaan yang dibawah keyboard keatas pelan pelan, bunyi clicks.. dan terbuka. Namun jangan diangkat tinggi tinggi, karena ada 4 kabel pita yang nyambung.
  11. Intip pelan pelan, disarankan cahaya ditempat anda bekerja cukup, atau tambah senter.
  12. bagian bawah (solder shoe) motherboard akan kelihatan, kemudian lepas 2 screw perak, dan siap... Motherboard bisa dicabut.
  13. Setelah terpisah dari body laptop, buka dulu heatsink / coppersink CPU/GPU/Chipset, pelan pelan.. kalu bisa jangan merusak Gel nya. Namun kalau anda punya stock gel banyak bisa dibersihkan.
  14. Nah, ini yang menarik. hampir 30 bulan pake, ternyata debu nya bukan main.... ambil kuas dulu, bersihkan semua ventilasi di body laptop, kipas dan sinks
Proses Memanggang !!!
  1. Jangan lupa, cabut dulu Battery BIOS, Processor... lagi lagi, pelan pelan saja.. hati hati pin CPU rusak dan hindari electrostatic!
  2. Ambil aluminium Foil, Ambil alas untuk panggangan di Oven, Lapis dengan Aluminium Foil nya. (lihat gambar dibawah)
  3. Ambil 4 potong aluminium foil, buat 4 bulatan (bola bola) untuk sebagai kaki penopang motherboard di alas panggangan oven (lihat gambar dibawah)
  4. Posisikan sedemikian rupa motherboard tsb, sehingga 4 bola bola aluminium foil diposisi menopang motherboard, dan posisi motherboard menghadap keatas (chips diatas, kaki kaki solder dibawah, jangan terbalik). ada yang menyarankan posisi chips kebawah, supaya ngikutin gravity (katanya)
  5. Panaskan Oven dulu sampai suhu 385 Fareinheit atau sama dengan 200 derjat Celcius. Nah, ini gunanya temperature gun. Karena, Angka di Knop Oven biasanya agak menipu, walaupun di set ke 385 namun belum bisa 385. ini tergantung masing masing model oven, jadi untuk memastikan pakai temperature gun saja. Kalau temperature sudah dapat 385F atau 200C, masukkan Adonan Motherboard S41 ke Oven, tutup, tunggu 8 Menit. Sesuai referal nya idealnya adalah 7-10 menit, saya pilih 8 menit.
  6. Setelah pas 8 menit, buka Oven, biarkan dulu terbuka dan jangan diambil adonan Motherboard S41 nya, jangan goyang, hati hati bola bolanya bisa goyang, bahaya meleleh jika motherboard nya langsung menyentuh permukaan foil.
  7. Saya tunggu 10 menit, karena sambil check dengan temperature gun, suhu nya sudah hampir 45 derjat.
  8. Taruh di meja makan, dinginkan lagi 10 menitan sampai suhu chip (pakai temperature gun) ke angka 25an derjat Celcius.
  9. OK, assembly temporer dulu... jangan langsung dipasang ke body, pasang CPU, pasang Sinks, pasang RAM, pasang HDD. dan akan sangat baik jika punya Keyboard USB... jadi tidak perlu pasang keyboard S41 nya, ribet untuk test.
  10. Violla,.... Alhamdulillah... S41 Normal Lagi ... 300 Dollah Selamat.
  11. Saya Stress-Test 2 Jam Tak Henti, sambil Load semua 3D, suhu GPU max 72 derjat Celcius, Setting Undervolting 1.025 Vdc.
Semoga Bermanfaat ....
Thanks to all Geeks, All Forum Members who wrote those referals and share-story in this blue planet regarding their lappie, and thanks to kaskus.us notebookreview.com, google.com and bing.com. keywords as mentioned above. http://www.kaskus.us/showthread.php?p=160559094&posted=1#post160559094

No comments:

Post a Comment